Penyebab Telapak Kaki Pecah-pecah



Baca Juga Kampung Sampireun Garut

Penyebab Telapak Kaki Pecah-pecah.
Tips dan Berita - Penyebab kaki pecah pecah bisa karena berbagai faktor, penderita biasanya mengabaikan kondisi ini.

Padahal kulit telapak kaki yang mengalami pecah-pecah bisa saja berujung infeksi penyakit.

Faktor penyebab ini diantaranya menderita eksim, kekeringan kulit akibat sedikit keringat yang keluar di bagian telapak kaki, tingkat metabolisme tubuh yang rendah, menderita diabetes yang berdampak pada sedikitnya keringat yang keluar dan keluhan kekeringan kulit lainnya dan bisa juga terjadi karena jamur.

Selain itu, bila anda sering mengenakan sepatu dengan desain tumit terbuka sehingga lemak di bagian bawah tumit tertekan dan menjalar ke bagian samping.

Sehingga tekanan yang tinggi ini akan memunculkan keretakan kulit tumit lebih mudah. Sehingga permukaan tumit bisa menebal dan terlihat berwarna kuning sampai gelap, serta terdapat celah yang besar dan terlihat jelas.

Penyebab kaki pecah sangat baik anda kenali, sehingga bisa melakukan pencegahan terbaik dari kondisi telapak kaki pecah-pecah. Terkadang penderita kesal dengan munculnya kondisi tersebut, pemakaian silet sering digunakan untuk menghilangkan bagian kulit yang sudah menebal. Cara ini sangat buruk dan berbahaya, karena infeksi bisa saja terjadi dari pemakaian silet.

Saat menjelang tidur adalah waktu terbaik untuk melakukan perawatan pada kaki yang mengalami pecah-pecah. Rendam kaki di dalam air hangat sekitar 10 menit, kemudian bersihkan telapak kaki yang terdapat pecah-pecah.

Supaya sel kulit yang telah mati bisa dibuang dengan baik dan sehat. Keringkan kaki anda dengan handuk kering dan bersih.

Kemudian terapkan krim khusus untuk pengobatan kulit pecah-pecah. Gunakan kaos kaki berbahan lycra atau wool yang lembut, supaya nutrisi yang terkandung di dalam krim bisa bekerja lebih optimal.

Kaki pecah bisa anda hindari dengan cara selalu menggunakan sepatu yang ukurannya pas, tidak kesempitan, terbuka dan menerapkan sol tipis.

Karena cara pemilihan sepatu yang salah bisa berdampak pada kondisi pecah-pecah atau retak di telapak kaki anda. Hindari pemakaian sepatu hak tinggi jika berat badan anda tidak ideal.

Jika alas sepatu terlalu keras sebaiknya gunakan bantalan yang lembut untuk menghindari luka pada tumit dan bagian telapak kaki lainnya.

Untuk memastikan penyebabnya konsultasikan tentang hal ini dengan dokter kulit Anda .
Sumber: klikdokter.com

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »